Kualitas Pendidikan di Indonesia

Kualitas merupakan kata yang penuh makna dan arti. Kata kualitas tidak dapat dianggap remeh. Terlebih jika disandingkan dengan kata pendidikan. Kualitas pendidikan merupakn sesuatu yang sangat diutamakan dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Kualitas yang baik maka akan memberikan kepercayaan tersenidiri dihati masyarakat. Problem inilah yang dihadapai oleh bangsa Indonesia dalam konteks pendidikan. Berdasarkan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala yang menunjukkan, bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999). Sungguh menyedihkan.Penyebab dari rendahnya kualitas pendidikan di negeri ini di pengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama luas negara ini membuat sosialisasi pendidikan menjadi terhambat. Selama ini pemerintah hanya menyentuh pendidikan yang berada di sekitar kota-kota besar. Masyarakat pedalaman cenderung terlewatkan karena sulitnya medan yang ditempuh. Idealnya pemerintah memberikan ruang atau gerak lebih terhadap kebijakan yang akan diambil. Jika langkah tersebut tidak diambil maka selamnaya masyarakat yang terdapat di pedalaman akan menjadi terisolir dan tidak akan pernah merasakan pendidikan yang semestinya menjadi hak mereka.

Pemerintah selaku penyelenggara pendidikan juga harus bertanggung jawab atas penyelenggaraan yang carut marut di beberapa daerah. Belum lagi praktik pungli di lingkungan sekolah dengan dalih kebutuhan sekolah banyak dan beragam. Padahal pendidikan dasar di indonesia sudah digratiskan. Mental inilah yang bisa menggembosi kualitas pendidikan di indonesia. Tidak hanya itu, efisiensi dalam penyelenggaraan pendidikan harus diperhatikan. Jangan dibiarkan mereka yang meraup keuntungan dengan cara yang tidak benar dibiarkan bebas. Semua tindak penyelewengan harus ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku di negara ini.

Kualitas pendidikan yang ada di negeri ini dapat meningkat jika penyelenggaraan pendidikan di negeri ini dilaksanakan secara menyeluruh. Mengingat hak untuk mendapatkan pendidikan adalah hak setiap warga negara indonesia yang dilindungi oleh undang-undang dasar 1945. pemerintah selaku penyelenggara pendidikan sudah seharusnya memperhatikan hal tersebut karena dengan pemerataan dalam pendidikan maka kualitas pendidikan di indonesia akan terjamin. Disamping membutuhkan improvisasi dan pembenahan dalam proses penyelenggaraan pendidikan yang ada di negara kita. Semoga pemerintah menjalankan apa yang menjadi amanah rakyat dan memperhatikan nasib pendidikan rakyat miskin sehingga kualitas pendidikan bangsa ini diakui oleh dunia internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s