Rembang: Kapan Punya Universitas?.

Pendidikan merupakan elemen penting dalam kehidupan. Pendidikan memberikan visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Realisasi dari visi tersebut dibutuhkan misi yang tepat. Perlu disadari bahwa misi yang harus ditanamkan adalah [1] mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh warga rembang, [2] membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak-anak rembang secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar, [3] meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral, [4] meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global.

Rembang sebagai salah satu daerah yang multi sumber daya perlu memiliki satu kebanggaan. Kebanggan di mana jika seseorang menanyakan tentang rembang, semuanya menjadi tahu tentang kota rembang. Salah satunya melalui pendidikan. Sayang sekali perencanaan pendidikan di kabupaten yang bagus berhenti pada tataran teori saja dan tidak terlaksana secara baik dalam praktek. Miris jika mengetahui Rembang hanya mempunyai satu perguruan tinggi yaitu STIE YPPI. Seandainya Rembang mempunyai Universitas yang ternama. Mungkinkah rembang menjadi the next education city. Itulah mimpi putra daerah yang miris melihat kondisi pendidikan tinggi di daerahnya.

Dinas pendidikan kabupaten rembang dan pemerintah kabupaten rembang perlu memikirkan ini. Mengingat pendidikan tinggi di daerah rembang masih jauh dari daerah lain. Satu contoh nyata adalah kabupaten tuban yang berbatasan langsung dengan kabupaten rembang. Di tuban terdapat perguruan tinggi yaitu UNIROW. Banyak juga putra rembang yang kuliah di sana. Seharusnya tidak seperti itu, akan lebih membanggakan jika putra daerah kuliah di daerahnya sendiri. Sayangnya rembang hanya memiliki satu perguruan tinggi. Seandainya rembang memiliki Universitas dengan nama Universitas Negeri Rembang. Mungkin ceritanya akan lain. Memang tidak mudah untuk mendirikan perguruan tinggi tetapi tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Pasti ada jalan jika ada kemauan. Semoga impian ini diwujudkan mereka yang mengemban amanah di kabupaten rembang.

Semoga mimpiku menjadi kenyataan. Rembang mempunyai universitas yang baik dan menjadi the next education city sehingga pendidikan generasi penerus di kabupaten rembang menjadi terjamin. Harapan kami pemerintah kabupaten rembang dan dinas pendidikan kabupaten rembang dapat memperjuangkannya….

4 responses to “Rembang: Kapan Punya Universitas?.

  1. Ass. Maaf sebelumnya..,
    Memang Kab. Rembang berstatus sebagai “Daerah Tertinggal” berdasarkan (Kep Men Negeri PDT No. 001/KEP/M-PDT/II/2005) hal ini diperlukan tindakan riil yang terkoordinasi dan melakukan percepatan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat dan percepatan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat dan percepatan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkesinambungan.
    kemudian mengenai tanggapan
    KAPAN REMBANG PUNYA UNIVERSITAS??
    pertama: Yayasan Al Kamal Kecamatan Sarang telah mendirikan Sekolah Tinggi pada Tahun 2008, dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Kamal dengan SK DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM DEPAG RI NOMOR : Dj. I/302/2008., dengan Jurusan Syari’ah dan Tarbiyah
    kedua: PONPES Al Anwar juga telah mendapatkan ijin untuk mendirikan Sekolah Tinggi Islam,
    ketiga: Rencana Pendirian Politiknik Kelautan dan Perikanan Rembang yang telah mendapat persetujuan Bapak Bupati Rembang H. Moch. Salim. pada bulan Oktober 2010.
    yang menjadi pertanyaan sekarang.
    Apakah semua (Rekomendasi) ijin dan pengajuan perguruan tinggi di Kab Rembang ini tidak ada atau hilang?
    semoga dengan telah dan akan adanya perguruan-perguruan ini, kedepannya Kab Rembang bisa menjadi lebih baik dalam kualitas, yaitu tidak lepas dari peran Pemerintah dan semua lapisan masyarakat bersama-sama membantu dan memperjuangkan pendidikan di Kabupaten Rembang ini.
    Wass. Terimakasih!

  2. kalo menunggu Pemerintah pusat membuat Universitas di Rembang, sampai 68 kali kiamat pun tak akan pernah dibuat, jadi harus Rakyat Rembang yang membuat. Biar orang semarang Solo Purwokerto dibuatkan universitas, sebab mereka anak emas jawa Tengah, Rembang kan anak tiri yang dibuang sama pemerintah Jawa Tengah. Kalo perlu ita berjuang untuk membentuk Propinsi baru bernama Propinsi Jawa Utara, bersama teman kita Blora, Pati, Jepara, Kudus, Grobogan, Tuban, Bojonegoro. pasti UMK Kudus akan jadi universitas, lalu Politeknik Rembang akan jadi Institut Kelautan dan Perikana Rembang dan Bojonegoro mendapat Universitas Angling Dharma. fakultas Undip yang di Jepara akan jadi Sekolah Tinggi Perikana Kalinyamat atau Univesitas Kalinyamat. OK, kawan.Aku cah Gunem di Bekasi

  3. Menuggu pemerintah membangun Universitas di rembang adalah bagai menggarami planet Pluto alias tidak mungkin. jadi harus rakyat rembang yang berjuang,bangkit. Semarang lagi biarkan to,nanti kalo sudah muntah kan dibuang, selama ini Semarang, purwokerto kan belum muntah.Rembang itukan anak tiri kjawa Tengah, ya sampe kiamat seribu kali ya tidak bakalan. diurus sama Gubernur jawa tengah.Anak emas jawa tengah itu Semarang, Semarang, semarang, lalu Solo, kemudian Purwokerto. Rembang itu urutan ke 6789 dari 35 kabupten?kota, puyeng mas?pastilah. makanya mari kita bersatu untuk membangun Propinsi baru Propinsi JAWA UTARA< yang berwilayah Rembang, Pati,Kudus, Jepara, Blora,Grobogan,tuban,Bojonegoro, yang terlepas dari jawa Tengah. biar Jawa Tengah mengurus Semarang,Solo,Purwokerto. nah,propinsi baru ini akan punya universiras negeri UMK di Kudus, Institut Kelautan&Pertikanan Rembang, sekolah Tinggi Perikanan Jepara(eks kampusnya UNdip), dan Universitas negeeri Ronggolawe.OK,kawan.maturnuwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s